Dirilis

01 Oktober 2023

Penulis

Linda Budiyarti

Banyak pelaku usaha yang hanya memusingkan permasalahan persaingan harga pasar, sampai lupa mungkin ada hal lain yang juga penting untuk diperhatikan. Persaingan harga memang menjadi satu hal penting bagi sebagian besar orang ketika memutuskan membeli suatu produk. Akan tetapi, ada hal lain yang mungkin dapat menjadi daya tarik agar orang melirik produk Anda. Misalnya, desain toko fisik. Jika Anda pelaku usaha pemula yang mempunyai toko fisik, mungkin Anda juga perlu memperhatikan desian tampilan toko fisik Anda, agar dapat membuat orang lebih tertarik mengunjungi toko Anda dan membeli produk di toko Anda. 

 

Tips Membuat Desain Toko Fisik Menjadi Lebih Menarik 

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat toko fisik Anda terlihat lebih menarik.

 

1.    Desain Tampilan Luar atau Eksterior


First impression atau kesan pertama pada toko Anda merupakan kunci utama yang dapat membuat orang tertarik berkunjung. Hal pertama yang dilihat dari toko Anda tentunya tampilan luar atau eksterior dari toko Anda. Untuk menentukan desain yang menarik untuk tampilan toko Anda, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu target konsumen utama Anda. Hal ini agar desain toko Anda sesuai dengan selera target konsumen Anda. Ingat, apa yang menarik untuk Anda, belum tentu menarik untuk target konsumen Anda.

Coba Anda perhatikan tampilan luar beberapa merek terkenal. Misalnya saja salah satu merek es krim yang saat ini menjamur di Indonesia. Target konsumen utama es krim biasanya anak-anak bukan? Tampilan luar toko yang berwarna cerah akan menjadi daya tarik anak-anak untuk melihat.  

Baca juga: Mengenal Pengertian Target Pasar dan Manfaat untuk Bisnis

 

2.    Desain Tampilan Dalam atau Interior

Hal berikutnya yang akan diperhatikan orang saat mengunjungi sebuah toko adalah tampilan dalam toko fisik Anda. Ada baiknya, desain tampilan luar dan tampilan dalam selaras. Hal ini agar tidak menimbulkan kesan berantakan. Misalnya dalam pemilihan warna desain toko fisik Anda. Kombinasi pilihan warna juga sebaiknya ditentukan dengan karakteristik target konsumen dan jenis produk Anda. Jika target konsumen Anda anak-anak dan produk Anda makanan, tentunya akan berbeda jika target konsumen Anda pekerja kantoran dan produk Anda kopi. 

Baca juga: Konsep Toko Minimalis Untuk Usaha yang Ideal dan Efektif

 

3.    Kemudahan Menemukan Produk yang Anda Jual

Anda perlu memastikan konsumen mudah melihat semua produk yang Anda jual di toko fisik Anda, agar konsumen dapat mengetahui produk yang Anda jual dan memilih produk yang ingin dibeli dengan mudah. Mungkin Anda pernah melihat ada rumah makan bernama D’cost yang menyajikan menu makanan di bagian depan toko. Tidak hanya nama menunya saja, tetapi gambar makanannya juga terpampang di bagian depan toko. Hal ini dapat membuat orang membayangkan makanannya sehingga tergiur untuk menyantapnya.

Baca juga: Tips Membuat Spanduk untuk Toko Kelontong

 

4.    Tata Letak Produk yang Mudah Dijangkau


Jika Anda pergi ke minimarket atau supermarket, cobalah perhatikan produk apa yang ada di etalase depan kasir bagian bawah? Yups, ada satu produk yang target konsumennya anak-anak bukan? Nah, penempatan produk yang target konsumennya anak-anak biasanya memang ditaruh di bawah, hal ini agar dapat dijangkau dengan mudah.  Lagi-lagi Anda perlu mengetahui target konsumen untuk menentukan tata letak produk Amda. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda coba saat membuat desain tampilan toko fisik Anda menjadi lebih menarik. Ada banyak tips lainnya di website daya.id yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha yang sedang Anda rintis. Jika Anda membutuhkan ahli untuk berkonsultasi sepurar usaha, Anda juga dapat mengunjungi fitur Tanya Ahli untuk menemukan alternatif solusi permasalahan usaha Anda di website daya.id.

Tidak perlu khawatir akan dipungut biaya, semua yang ada di website daya.id tidak berbayar. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu log in saja ke website daya.id. Jika Amda belum terdaftar, Anda dapat daftar terlebih dahulu. Yuk, kunjungi website daya.id sekarang juga untuk mendapatkan update informasi usaha lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

23 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Nur Jiya Azzahra

09 December 2023

Ini desain yang bagaimana

Balas

. 0

RAMADHANI

08 December 2023

Desain Doko supaya terlalu menarik

Balas

. 0

Khairunnisa

05 December 2023

Informasi yang sangat dibutuhkan oleh saya

Balas

. 0

Khairunnisa

05 December 2023

Informasi yang sangat dibutuhkan oleh saya

Balas

. 0

Grace

04 December 2023

Thank you infonya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS