Dirilis

06 Mei 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Sebagian orang bermimpi menjadi pebisnis sukses, namun tidak banyak yang berani mengambil langkah untuk mewujudkannya, karena takut mengambil risiko, takut rugi, takut gagal, dan sebagainya. Seringkali orang merasa ragu untuk memulai, meskipun punya ide bisnis yang sebenarnya potensial untuk direalisasikan jadi bisnis yang sesungguhnya. Wah, sayang sekali ya. Apakah Anda sedang mengalami hal yang sama?

 

Tips Wujudkan Ide Bisnis

Wajar kok merasa ragu dan khawatir gagal untuk hal yang memang belum pernah dilakukan sebelumnya. Namun yang perlu ditekankan adalah tidak akan pernah ada langkah besar jika tidak dimulai dengan satu langkah kecil. 

Nah, ada beberapa cara agar ide bisnis yang Anda miliki bisa segera terwujud jadi bisnis beneran. Simak ya!

 

1.    Mulai dari niat yang kuat

Pada dasarnya tidak ada hal yang bisa dilakukan tanpa niat. Makanya kekuatan niat sangat luar biasa untuk mendorong Anda memulai bisnis yang Anda cita-citakan. 

Jika Anda masih ragu, segera identifikasi keraguan tersebut. Apakah Anda merasa ide bisnis tidak cukup bagus, atau ada hal lain yang Anda takutkan? Jika keraguan Anda dikarenakan alasan kedua, maka pertama-tama Anda harus mengatasi ketakutan tersebut.

 

2.    Deskripsikan ide bisnis Anda


Setelah memiliki niat yang kuat, mulailah mendeskripsikan ide bisnis Anda. Misalnya, bagaimana konsep bisnis yang ingin Anda jalankan, siapa target pasarnya, siapa saja kompetitornya dan sumber daya apa saja Anda miliki. Hal ini biasanya dituangkan dalam Business Model Canvas (BMC). Deskripsi tersebut membantu Anda mendapat gambaran yang jelas mengenai bisnis impian Anda. 

Ingin tahu apa itu Business Model Canvas dan apa saja isinya? Berikut ulasannya untuk Anda:


 

3.    Buat To Do List

Sudah memiliki gambaran yang jelas untuk ide bisnis Anda? Sekarang saatnya mulai beraksi!

Siapkan to do list, apa saja yang bisa mulai Anda lakukan sebagai permulaan. Misalnya, memperoleh modal dari tabungan atau kerjasama dengan investor yang Anda kenal, mencari supplier dan sebagainya. Hal ini tentu saja mempermudah Anda untuk melihat secara keseluruhan apa saja yang perlu dilakukan secara bertahap, dan bagaimana melakukannya. 

Pastikan Anda membuat to do list dengan detil dan mencantumkan deadline agar rencana kerja menjadi lebih disiplin dan terukur pencapaiannya.

 

4.    Dapatkan masukan dan inspirasi dari orang lain

Meskipun sudah memiliki rencana bisnis yang jelas, bisa jadi tetap ada kekurangan atau “lubang” yang tidak terlihat dari sudut pandang Anda. Karena itu, penting untuk mengetahui sudut pandang orang lain untuk menyempurnakannya.

Anda bisa mencari pebisnis berpengalaman yang menggeluti bidang bisnis yang sama dengan Anda, untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan, untuk membantu Anda menemukan strategi yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika tidak bisa bertemu langsung untuk berdiskusi, Anda bisa mencari artikel atau kisah sukses mereka yang bisa menginspirasi Anda di internet. Salah satunya fitur Kisah Sukses Usaha di Daya.id atau bertanya langsung dengan ahli usaha di kolom Tanya Ahli.  

 

5.    Evaluasi

Selalu lakukan evaluasi terhadap apa yang Anda lakukan untuk mewujudkan ide bisnis agar Anda bisa segera mengetahui jika ada hal yang perlu diperbaiki, strategi yang perlu ditingkatkan maupun maupun hal – hal yang sudah tepat dan perlu dipertahankan.  

Ingat, proses evaluasi harus dilakukan selama bisnis Anda beroperasi!

Proses mewujudkan ide bisnis tidak selesai ketika berhasil meluncurkan produk. Anda tentu mengharapkan bisnis yang sudah Anda bangun bisa terus berlanjut dan bertumbuh. Jalani apapun prosesnya agar Anda pun bertumbuh seiring bisnis Anda. Tidak akan mudah, namun jika Anda merasa ide bisnis yang dimiliki cukup hebat, maka yakinlah setelah diwujudkan akan menghasilkan hal yang lebih hebat. Semoga berhasil!

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan diri Anda untuk tips dan info seputar usaha lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS