Dirilis

03 Juni 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Setelah aktivitas yang padat, tidur berkualitas tentu jadi dambaan setiap orang ya. Suasana kamar dan tempat tidur yang nyaman menjadi salah satu faktor pendukungnya lho! 

Apalagi sejak pandemi melanda tahun 2020 lalu, banyak aktivitas yang terpaksa dilakukan dari rumah. Selain untuk rebah dari penat seharian, sebagian orang justru menyulap kamar tidurnya menjadi kantor dan kelas dadakan, karena aktivitas Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH).  

Nah, kamar tidur yang kini jadi pusat kegiatan sehari-hari, diatur sedemikian rupa agar tidak hanya nyaman tetapi juga lebih estetik di pandang. Jadi lebih pede deh saat tidak sengaja tersorot kamera saat meeting online atau sekolah online.

Biasanya salah satu yang menjadi incaran untuk dekorasi kamar tidur adalah aksesoris tempat tidur seperti sprei, bedcover, dan selimut. Tidak heran, dilansir www.cnbcindonesia.com, Indah Catur Agustin, salah satu pengusaha home bedding asal Surabaya mengaku penjualannya mengalami kenaikan sebesar 200% saat pandemi. 

Selain itu, menurut laporan Grand View Research, kebijakan Work From Home (WFH) saat pandemi telah membuat banyak orang mengalihkan anggaran belanja mereka untuk membuat hunian semakin nyaman, salah satunya dengan belanja produk home bedding. Artinya, peluang bisnis untuk aksesoris tempat tidur oke banget nih!

 

Tips Memulai Bisnis Aksesoris Tempat Tidur

Jika Anda juga ingin berkompetisi di bisnis tempat tidur dan aksesorisnya, berikut 3 cara bagaimana Anda bisa memulai bisnis ini:

 

1.    Menjadi reseller

Jika modal tidak banyak, Anda bisa memilih menjadi reseller. Kabar baiknya, reseller tidak terbatas pada merek tertentu saja. Anda bisa menjual kembali produk merek apapun, bahkan tanpa perlu stok. Baik bekerja sama dengan supplier aksesoris tempat tidur yang tepercaya, maupun memanfaatkan marketplace. Asik kan, pelanggan mau aksesoris tempat tidur seperti apa, Anda beli dari marketplace sesuai keinginan pelangan, kemudian dikirim langsung ke alamat pelanggan.

Jika sudah tahu jenis dan tipe aksesoris yang disukai pasar, baru deh Anda bisa mencoba menyediakan stok. 

 

2.    Membeli franchise

Bagi Anda yang sudah menyiapkan sejumlah modal, membeli franchise bisa jadi pilihan. Dengan membeli franchise, manajemen bisnis sudah terbentuk, dan biasanya merek yang diusung sudah dikenal masyarakat sehingga Anda tidak memasarkannya dari nol. Misalnya Steffie Collection, salah satu franchise dibidang aksesoris tempat tidur yang berpusat di Sragen, Jawa Tengah sejak tahun 2003.  Semua produknya merupakan produksi sendiri seperti seprai batik tulis, seprai katun, selimut, bantal, guling, peralatan bayi, hingga pernak-pernik untuk kamar tidur dengan desain batik.

Pada tahun 2015, Steffie Collection sudah mengembangkan usaha keseluruh wilayah Indonesia dan Asia dengan sistem franchise. Total investasinya berkisar antara Rp250-600 juta, sudah termasuk persediaan barang, peralatan operasional, alat promosi, software kasir, desain dan perlengkapan outlet, prosedur operasional (SOP), survei lokasi, dan pelatihan karyawan.

Meski modal yang dibutuhkan relatif besar, namun sebanding dengan kelebihanya: Anda tinggal menjalankan operasionalnya saja. Tertarik? Daftar di sini.

 

3.    Membuat sendiri


Anda memiliki keahlian menjahit? Atau punya relasi penjahit yang bisa diajak kerjasama? Coba bisnis aksesoris tempat tidur jalur homemade saja! Produk homemade disukai karena bisa custom sesuai kebutuhan pelanggan, baik jenis bahannya, desain maupun ukurannya. Jadi terasa lebih ekslusif. 

Untuk bisnis aksesoris tempat tidur homemade, berikut 3 tips untuk memulainya :
 

  1. Tidak perlu menggunakan peralatan mahal. Mulailah dari peralatan jahit yang sudah Anda miliki, kalaupun perlu membeli belilah peralatan sederhana seperti mesin jahit listrik, mesin obras dan perlangkapan menjahit lainya.
  2. Kerjasama dengan supplier kain atau bahan untuk memudahkan Anda menemukan kain atau bahan yang dibutuhkan sesuai pesanan pelanggan
  3. Manfaat kan keahlian menjahit Anda dengan maksimal, kerjasama dengan penjahit lain. Jika bisnis Anda sudah berkembang, barulah rekrut karyawan.


Jadi cara yang mana yang Anda pilih untuk memulai bisnis aksesoris tempat tidur?

Apapun pilihan Anda, mulailah segera dengan satu langkah kecil untuk mewujudukan ide bisnis Anda menjadi bisnis yang sesungguhnya. Jika Anda memiliki keraguan karena khawatir bangkrut, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan bisnis Anda tidak berjalan baik: 
 

  1. Tidak memiliki rencana bisnis yang matang
  2. Kurang melakukan promosi
  3. Tidak mau berinovasi
  4. Pasif, hanya menunggu pelanggan datang


Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan juga diri Anda untuk akses ke tips dan info lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS